Penulis / NIM
IRAWATI ABDJUL / 153408085
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Irawati Abdjul, 2012. Meningkatkan Kemampuan Berimajinasi Melalui Metode Bercerita pada Anak Kelompok A TK Alkhairat Kelurahan Dembe II Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Dajani Suleman, M.Hum, dan Pembimbing II, Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang peneliti angkat dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan berimajinasi anak kelompok A TK Alkahirat Kelurahan Dembe II Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode bercerita? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak dalam berimajinasi melalui metode bercerita di kelompok A TK Alkhairat Kelurahan Dembe II Kota Gorontalo.
Untuk mendapatkan jawaban terhadap permasalahan di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas pada anak kelompok A TK Alkahirat Kelurahan Dembe II Kota Gorontalo yang jumlah siswanya 20 orang, dengan sistem pembahasan dalam bentuk dua siklus. Kekurangan atau ketidaktuntasan pada siklus sebelumnya telah dibahas pada siklus selanjutnya.
Dari hasil kegiatan melalui pengamatan yang dilaksanakan dalam dua siklus tersebut terlihat bahwa telah terjadi peningkatan kemampuan berimajinasi anak kelompok A TK Alkahirat Kelurahan Dembe II Kota Gorontalo melalui metode bercerita. Peningkatan tersebut dicapai secara bertahap yaitu; pada observasi awal kemampuan berimajinasi anak hanya 35 % atau 7 orang anak, pada siklus I kemampuan berimajinasi anak mengalami peningkatan hingga mencapai 60 % atau 12 orang anak, dan pada tindakan siklus II sebagai akhir dari penelitian ini meningkat menjadi 85 % atau 17 orang anak. Dengan demikian, kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode bercerita telah menjadi pilihan utama bagi guru TK Alkhairaat Kelurahan Dembe II Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo dalam pembelajaran umumnya terutama dalam meningkatkan kemampuan berimajinasi pada anak
Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan kepada guru TK Alkhairaat Kelurahan Dembe II Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo pada umumnya untuk dapat mengoptimalkan penggunaan metode bercerita dalam pembelajaran sebagai upaya meningkatkankan imajinasi anak. Di samping itu, diharapkan kepada pihak-pihak terkait untuk memberikan dukungan dalam setiap pelaksanaan tindakan kelas demi perbaikan mutu pendidikan secara multi kompleks.
Kata Kunci: Kemampuan Berimajinasi dan Metode Bercerita.
Download berkas