Penulis / NIM
IRMAWATI HIPPI / 153408086
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstrak
Irmawati Hippy. 2012. Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Bilangan 1-5 Melalui Kegiatan Bermain dengan Menggunakanz Media Puzzle pada Anak Kelompok A PAUD Al-Qomar Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I dra. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Ummyssalam A.T.ADuludu, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud untuk Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Bilangan 1 – 5 Melalui Kegiatan Bermain dengan Menggunakan Media Puzzle pada Anak Kelompok A PAUD Al-Qomar Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo, dengan subjek penelitian adalah anak-anak kelompok A yang berjumlah 15 anak terdiri dari 6 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan 2 kali pemberian tindakan yaitu Siklus I dan Siklus II yang diawali dengan kegiatan observasi awal untuk memperoleh data tentang kemampuan anak dalam memahami bilangan 1 – 5 sesuai bentuk dengan tepat, cepat dan konsisten.
Adapun hasil yang dicapai dari pelaksanaan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan media puzzle sebagai upaya meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan 1 – 5 pada anak kelompok A PAUD Al-Qomar Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo adalah meningkatnya keterampilan anak sebesar 53.4% yaitu 24.4% pada observasi awal menjadi 77.8% pada siklus II. Sehingga hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa “Jika guru menerapkan kegiatan
bermian dengan menggunakan media puzzle dalam pembelajaran maka
kemampuan memahami konsep bilangan 1 – 5 anak kelompo A PAUD Al-Qomar Kecamatan Wonosari Kabupaten Boalemo akan meningkat dapat diterima”. Untuk itu disarankan kepada guru agar sekiranya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan rujukan dalam proses Pembelajaran dalam meningkatkan pemahaman anak terhadap konsep bilangan 1 – 5 dengan maksimal serta sekiranya guru tidak hanya menggunakan satu kegiatan, teknik atau media dalam pembelajaran didalam kelas serta penerapannya harus memperhatikan tingkat perkembangan anak.
Kata Kunci : Kemampuan Memahami Konsep Bilangan 1 – 5, Kegiatan Bermain dengan Menggunakan Media Puzzle
Download berkas