SKRIPSI

Penulis / NIM
ITJE MORDJIU / 153408092
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Itje Mordjiu, NIM. 153 408 092. Deskripsi Kemampuan Membilang 1 Sampai 10 Pada Anak Kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd. 2012 Permasalahan dalam penulisan ini adalah bagaimana kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada anak Kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada anak Kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membilang angka 1sampai 10 pada anak Kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada anak kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango.. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan observasi dan wawancara serta dianalisis secara kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada anak Kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango sudah baik dalam hal: 1) Membilang angka 1 sampai 10 dengan cara menunjuk angka; 2) Membilang angka 1 sampai 10 dengan cara melanjutkan angka; dan 3) Membilang angka 1 sampai 10 dengan cara membilang mundur. Sedangkan faktor-faktor mempengaruhi kemampuan membilang angka 1 sampai 10 pada anak Kelompok B TK Gamelina Desa Ulanta Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango yaitu faktor internal yaitu berasal dari anak sendiri dan faktor eksternal dari luar diri anak. Faktor dari anak itu sendiri seperti: faktor alamiah, faktor perkembangan kognitif yang dimilikinya, latar belakang sosial yang dimiliki anak dan faktor motivasi belajar. sedangkan faktor dari luar diri anak seperti: faktor kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran dan faktor sarana dan prasarana yang mendukung kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa kemampuan membilang angka 1 sampai 10 yang dimiliki anak Kelompok B TK Gamelina dalam hal membilang angka 1 sampai 10 dengan cara menunjuk angka, membilang angka 1 sampai 10 dengan cara melanjutkan angka dan membilang angka 1 sampai 10 dengan cara membilang mundur sudah baik. Serta faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan membilang angka 1 sampai 10 adalah, faktor internal dan faktor eksternal yang dimiliki yang mendukung kegiatan pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan, Membilang, Angka 1 sampai 10.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011