SKRIPSI

Penulis / NIM
JUSRA S. TANULI / 153408098
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Jusra S Tanuli. 2012. Analisis Peran Pengasuh Dalam Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini Di TPA Al-Ishlah Kec. Kota Tengah Kota GorontaloTahun 2012 Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini bagaimana analisis peran pengasuh dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal pada anak usia di TPA Al-Ishlah Kec. Kota Tengah Kota Gorontalo. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan lebih jauh tentang peran pengasuh dalam meningkatkan kecerdasan interpersonal anak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode postpositivisme yaitu meneliti dengan kondisi yang alamiah, mempelajari setting alamiah dari subjek mencoba memahaminya, kemudian menginterprestasikan fenomenanya berdasarkan makna yang diberikan. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen dan format wawancara. Intrumen telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data dalam penelitian ini berdasarkan tahapan dalam penelitian kualitatif. Diawali dengan penyusunan rancangan penelitian dengan cara pendekatan deskriptif, kemudian tahap kedua memahami setiap latar penelitian sekaligus mempersiapkan diri menuju tempat penelitian, tahap ketiga mewawancarai setiap objek dan melakukan penafsiran data sesuai dengan hasil wawancara tersebut, dan yang terakhir tahap empat menyusun laporan yang di ambil berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi di lapangan, yang kemudian dibahas sebagai dasar untuk merumuskan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di TPA Al-Ishlah Tahun 2012 bahwa dalam meningkatkan kecerdasan Interpersonal anak di TPA Al-Ishlah Kec. Kota Tengah Kota Gorontalo dapat dilakukan dengan analisis peran pengasuh. Hal ini dibuktikan dengan dimana melalui analisis seorang pengasuh dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak. Dari hasil tersebut hendaknya pihak lembaga kedepannya meningkatkan kinerja pengasuh agar melaksanakan layanan bimbingan sebagai upaya untuk memberikan bantuan kepada asuhnya. Salah satunya dengan menyusun program layanan bimbingan. Kata kunci: Analisis peran, Pengasuh, Kecerdasan interpersonal Anak
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011