Penulis / NIM
KARTIN KAIDA / 153408100
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN SAMATOWA, M.Pd / 0012126110
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Kartin Kaida. 2012. ” Peningkatan Kemampuan Anak Mengenal huruf melalui permainan puzzle huruf pada anak Kelompok B di PAUD Mawar Hungayonaa Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo”. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Hi. Usman Samatowa, M.Pd dan Pembimbing II: Samsiah. S,Pd, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan anak mengenal huruf pada anak Kelompok B di PAUD Mawar Hungayonaa Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo dapat ditingkatkan dengan melalui Permainan puzzle huruf? Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal huruf melalui permainan puzzle huruf pada anak Kelompok B di PAUD Mawar Hungayonaa Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif PTK. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan anak mengenal huruf dapat ditingkatkan melalui permainan puzzle huruf. Hasil analisis pada observasi awal menunjukan bahwa hanya 9 anak (45%) yang memiliki kemampuan anak mengenal huruf. Pada pelaksanaan kegiatan siklus I hal tersebut mengalami peningkatan menjadi 14 anak atau 70% anak yang memiliki kemampuan anak mengenal huruf dalam membaca. Pada siklus II jumlah ini mengalami peningkatan menjadi 18 anak (90%) dari 20 anak di PAUD Mawar Hungayonaa Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa jika digunakan permainan puzzle huruf, maka kemampuan Anak mengenal huruf dapat meningkat.
Kata Kunci: Mengenal Huruf, Permainan Puzzle Huruf
Download berkas