SKRIPSI

Penulis / NIM
MARNI LUMULAH / 153408110
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Marni Lumulah. Nim 153408110. 2012. Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Model Pembelajaran Kooperatif pada Anak Kelompok B di TK Kartini Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Program S-1 PAUD, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra, Hj. Rena L. Madina, M.Pd, dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd., M.Pd. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah kemampuan sosial pada anak kelompok B di TK Kartini Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango dapat dikembangkan melalui model pembelajaran kooperatif. Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah Mengembangkan Kemampuan Sosial Anak Kelompok B di TK Kartini Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di TK Kartini Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango Melalui Model Pembelajaran Kooperatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan analisis data untuk mengamati kemampuan sosial anak yang dikembangkan melalui model pembelajaran kooperatif, melalui empat tahap yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi, pengumpulan data, yang terdiri dari siklus I dan siklus II. Berdasarkan observasi awal anak yang mampu dalam kemampuan sosial sebanyak 8 orang anak atau 40% dan yang belum mampu sebanyak 12 orang anak atau 60%. Pada pelaksanaan siklus I yang termasuk dalam kategori mampu adalah 9 orang anak atau 45% dan yang belum mampu adalah 11 orang anak atau 55%. Siklus II yang termasuk dalam kategori mampu dalam kemampuan sosialnya meningkat menjadi 16 orang atau 80%. Hasil siklus II mencapai indikator yang ditetapkan. Dengan tercapainya indikator kinerja maka hipotesis tindakan yang diajukan, diterima. Kata Kunci: Kemampuan Sosial Anak dan Model Pembelajaran Kooperatif
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011