SKRIPSI

Penulis / NIM
MARYAM DJAFAR / 153408113
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
Maryam Djafar. 2012. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Menggunakan Benda Konkrit Melalui Metode Latihan Pada Anak Kelompok B PAUD Dahlia Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Skripsi. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini S1 PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi US. Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Moh. Zubaidi, S.Pd, M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan anak mengenal konsep bilangan menggunakan benda konkrit pada anak kelompok B PAUD Dahlia Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan melalui metode latihan? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan menggunakan benda konkrit melalui metode latihan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian. Tindakan kelas ini dianggap berhasil jika memenuhi indikator kinerja apabila kemampuan anak mengenal konsep bilangan menggunakan benda konkrit pada anak kelompok B PAUD Dahlia Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato berada di atas 78% melalui metode latihan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan bahwa melalui penggunaan metode latihan dapat meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep bilangan menggunakan benda konkrit pada anak kelompok B PAUD Dahlia Kecamatan Randangan Kabupaten Pohuwato. Hal ini dapat dilihat pada pelaksanaan penelitian tindakan kelas sampai mencapai dua siklus karena pada siklus I kegiatan pembelajaran melalui penggunaan metode latihan belum mencapai indikator kinerja penelitian. Setelah diadakan refleksi, dimana proses pembelajaran telah diadakan pembaharuan pelaksanaan tindakan pada siklus II, maka hasil belajar siswa dapat ditingkatkan, sehingga penetapan hipotesis tindakan penelitian terbukti dan dapat diterima secara ilmiah. Kata kunci : Konsep Bilangan, Benda Konkrit Dan Metode Latihan
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011