Penulis / NIM
MASLENI / 153408116
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. Hi. ANSAR, S.Pd, M.Si / 0014116107
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
MASLENI. Nim. 153 408 116. 2012. Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Pendidik TK Dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun Pada Kelompok B Di TK Negeri Pembina Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. H. Ansar Made, M.Si, dan Pembimbing II, Nunung Suryana Jamin, SE, M.Si.
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui hubungan antara kompetensi pedagogik pendidik TK dengan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun pada kelompok B TK Negeri Pembina Kota Utara Kota Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah; Apakah terdapat hubungan antara kompetensi pedagogik pendidik TK dengan perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun pada kelompok B di TK Negeri Pembina Kota Utara Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan korelasi produk moment serta teknik pengumpulan data dalam bentuk tes. Hal ini dimaksudkan untuk mendapatkan gambaran empirik mengenai masalah yang diteliti, selanjutnya mengadakan analisis terhadap data-data hasil penelitian dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan tes kepada anak didik, dimana untuk variabel X peneliti akan memberikan tes yang akan diimplementasikan oleh pendidik TK, sedangkan untuk variabel Y peneliti memberikan tes yang akan dijawab langsung oleh anak didik. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh jumlah anak pada kelompok B yaitu ber jumlah 5 kelas dengan jumlah anak 135 anak. Sampel penelitian ini adalah 90 anak yang didapat melalui teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling
Berdasarkan analisis data Dari hasil perhitungan di peroleh thitung= 6,527 sedangkan dari daftar distribusi t diperoleh t(0,99)(60)=2,390. Berdasarkan kriteria pengujian dalam metodologi penelitian yaitu terima Ho jika thitung < tdaftar, ternyata dalam proses perhitungan sebagai mana pada lampiran 9 terpenuhi, karena thitung= 6,527 lebih besar dari pada tdaftar=2,390 maka hipotesis Ho ditolak, sekaligus pengujian hipotesis Ha diterima karena terdapat Hubungan Antara Kompetensi Pedagogik Pendidik Tk Dengan Perkembangan Anak Usia 5-6 Tahun.
Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Pendidik TK, Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun.
Download berkas