SKRIPSI

Penulis / NIM
MEISIN SUKMA DEWI RAHIM / 153408121
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr. USMAN SAMATOWA, M.Pd / 0012126110
Pembimbing 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstrak
MEISIN SUKMA DEWI RAHIM, 2012“Meningkatkan Kemampuan Melipat Kertas Melalui Bimbingan Kelompok Pada Anak Kelompok A Di TK Beringin III Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo” Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo.Pembimbing I Drs. H. Usman Samatowa, M.Pd dan Pembimbing II Dra. UmmyssalamDuludu, M.Pd Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan melipat kertas melalui bimbingan kelompok.Hal ini disebabkan karena kegiatan pembelajaran melalui bimbingan kelompok jarang sekali diberikan kepada anak.Dari fakta tersebut, peneliti mencoba mengatasi permasalahan dalam usaha mengembangkan kemampuan melipat kertas dalam bimbingan kelompok. Dengan bimbingan dan motivasi serta memberikan pembelajaran melipat kertas yang dilakukan secara berulang-ulang, diharapkan anak akan lebih terampil dan menyenangi kegiatanini. Untuk itu dirumuskan masalah, apakah dengan penerapan bimbingan kelompok dapat meningkatkan kemampuan melipat kertas pada anak Kelompok A di TK Beringin III Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo? Penelitian ini bertujuan adalah untuk meningkatkan kemampuan melipat kertas melalui bimbingan kelompok pada anak Kelompok A TK Beringin III Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus.Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan/ persiapan, pelaksanaan, observasi, evaluasi dan refleksi.Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Kelompok A dengan subyek 20 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 12 orang perempuan . Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa terdapat 30 % anak yang sudah mampu dan 70% anak belum mampu melipat kertas.sehingga penelitian dilanjutkan pada Siklus I dengan hasil; yang sudah mampu mencapai 45%. Namun hal itu belum mencapai target indikator yang diharapkan. masih perlu di lanjutkan pada Siklus II. Penelitian pada siklus II mengalami peningkatan karena dari 20 orang anak yang memperoleh kategori anak yang mampu melipat kertas dengan aspek yang diamati yakni meniru, kerapihan dan hasil yang dicapai, melalui bimbingan kelompok meningkat menjadi 85% (17 anak) dan yang tidak mampu 15% (3 anak), sehingga hal ini telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Berdasarkan hasil analisa penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa jika bimbingan kelompok dilaksanakan dengan baik, maka kemampuan melipat kertas pada anak didik Kelompok A TK Beringin III Kecamatan Botumoito dapat ditingkatkan. Penerapannyapun dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan kemampuan motorik pada anak usia dini. Kata Kunci :Melipat Kertas, Origami, Bimbingan Kelompok
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011