SKRIPSI

Penulis / NIM
MELSI MAKASALA / 153408123
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Melsi Makasala, 2012. Meningkatkan Kemampuan Anak Menulis Permulaan Menggunakan Pensil Melalui Pendekatan Individual Pada Anak Kelompok B Di Tk Makarti Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. SKRIPSI. Program studi S-1 Paud, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. DR. Hj. Ruslin W Badu, M.Pd, Pembimbing II Samsiah, S.Pd, M.Pd. Permasalahan penelitian ini adalah Apakah kemampuan anak menulis permulaan dapat ditingkatkan melalui pendekatan Bimbingan Individual di TK Makarti Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Tujuan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan kemampuan anak menulis permulaan melalui pendekatan bimbingan individual dalam proses pembelajaran khususnya pada anak TK Makarti Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan pada penelitian ini yakni metode Penelitian Tindakan Kelas yaitu untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menulis permulaan dalam proses pembelajaran khususnya pada anak TK Makarti Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato melalui pendekatan bimbingan individual Adapun teknik pengumpulan data dan observasi TK Makarti Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato yakni teknik analisis data menggunakan persentase. Dari hasil pengamatan yang dilaksanakan sesudah dilakukan proses pembelajaran penelitian terlihat jelas adanya peningkatan kemampuan menulis permulaan dimana pada pelaksanaan observasi awal terdapat 38%, siklus I pertemuan pertama terdapat 43%, pada siklus I pertemuan kedua 57%, pada siklus II pertemuan pertama terdapat 71%, dan siklus II pertemuan kedua terdapat 85%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bimbingan individual dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan. Melihat keberhasilan dari pelaksanaan penelitian ini maka hipotesis yang menyatakan “Jika digunakan pendekatan bimbingan individual dalam pembelajaran, maka kemampuan anak menulis permulaan di TK Makarti Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan, dapat diterima” Kata Kunci : Kemampuan menulis permulaan, pendekatan bimbingan individual
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011