Penulis / NIM
MEYKE FATMAWATY SAUD / 153408125
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Meyke Fatmawaty Saud. 2013. Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Lisan Melalui Kegiatan Bercerita Pada Anak Kelompok A di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II : Dra. Samsiar Rivai, M.Pd.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan berbahasa lisan pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo dapat dikembangkan melalui kegiatan bercerita?”. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berbahasa lisan melalui kegiatan bercerita pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pemantauan dan evaluasi serta tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada observasi awal kemampuan berbahasa lisan anak pada kelompok A di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo masih kurang. Setelah dikenai tindakan pada siklus I mengalami peningkatan sekitar 8 anak (40%) dari 20 anak pada kriteria pencapaian anak bercerita 75%. Sedangkan pada siklus II kemampuan berbahasa lisan mengalami peningkatan menjadi 18 anak (90%) dari 20 anak pada kriteria pencapaian anak bercerita 75%. Dengan demikian anak dengan kemampuan berbahasa lisan mengalami peningkatan yang signifikan sesuai harapan.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan bercerita, kemampuan berbahasa lisan pada anak kelompok A di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo dapat berkembangkan dengan baik dengan adanya penggunaan media big book.
Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa Lisan, Kegiatan Bercerita
Download berkas