Penulis / NIM
MEYLAN PAKAYA / 153408126
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
MEYLAN PAKAYA. NIM. 153 408 126. “Analisis Kecerdasan Emosional Pada Anak Usia Dini Kelompok B di TK Kartini Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo”. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbng I Dra.Hj. Rena Madina S.Pd, M.Pd dan Pembimbng II Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd.
Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya kecerdasan emosional pada anak usia dini kelompok B di TK Kartini Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan menganalisis kecerdasan emosional pada anak usia dini kelompok B di TK Kartini Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik koesioner dan observasi yang kecerdasan emosional pada anak usia dini kelompok B di TK.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, yaitu suatu metode yang menggambarkan secara sistematis dan obyektif tentang kecerdasan emosional pada anak usia dini kelompok B di TK Kartini Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kecerdasan emosional anak usia dini kelompok B di TK Kartini Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, memiliki indikator sebagai berikut :a) Pemarah, b) Kasar, c) Mengganggu barang milik teman, d) Tolong menolong, e) Kerjasama.
Dari hasil analisis kecerdasan emosional anak usia dini kelompok B di TK Kartini Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo berdasarkan hasil rekapitulasi memperoleh persentase 75,8%. Hal ini berarti bahwa kecerdasan emosional anak berada pada kategori sedang.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional Anak
Download berkas