SKRIPSI

Penulis / NIM
NILAWATY MOHAMAD / 153408139
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Nilawaty Mohamad, 2012. Peran Guru dalam Membudayakan Mengucapkan Salam pada Anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Prof. Dr. Hi. Abdul Haris Panai, S.Pd, M.Pd, dan Pembimbing II, Samsiah S.Pd, M.Pd Penelitian ini bertujuan untuk peran guru dalam membudayakan mengucapkan salam pada anak di TK Negeri Pembina Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah model interaktif yang dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah peran guru dalam membudayakan salam di TK Negeri pembina Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo telah dilakukan cukup optimal. Sistem pembudayaan mengucapkan salam tersebut dilakukan secara bertahap yaitu; 1) mula-mula guru memperkenalkan bacaan-bacaan salam kepada anak mulai dari yang paling sederhana sampai dengan bacaan yang sempuna; b) guru memperkenalkan kepada anak tentang arti dari masing-masing kata yang terdapat pada ucapan salam; 3) guru menjelaskan tentang hukum memberi dan menjawab salam sebagai bentuk motivasi kepada anak agar dapat beramal melalui ucapan salam; 4) guru menjelaskan kepada anak tentang makna dari mengucapkan salam; 5) guru memberikan contoh kepada anak tentang cara mengucapkan salam yang benar dan baik; 6) guru sering memberi salam kepada anak setiap bertemu baik di sekolah maupun di rumah; 7) guru sering menjawab salam yang disampaikan oleh anak-anak; 8) Guru sering memintakan laporan dari anak setiap hari tentang pembiasaan yang telah dilakukannya terutama berkaitan dengan pembiasaan salam; 9) guru sering memberikan hadiah (reward atau reinforcement) kepada anak yang membiasakan diri memberi salam setiap bertemu dengan orang baik di sekolah ataupun di rumah. Sebagai implikasi atau saran dalam penelitian ini adalah diharapkan agar guru dapat meningkatkan perannya terutama dalam membudayakan salam kepada anak, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Peran tersebut dailakukan melalui keteladanan, menambah pengetahuan dalam mendidik anak, serta memberi kesempatan kepada anak untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya Di samping itu, Bagi pengambil kebijakan berkaitan dengan penyelenggara program TK, disarankan untuk lebih mengoptimalkan program-program untuk pendidikan anak TK, memberikan fasilitas pendidikan serta mengadakan kegiatan-kegiatan yang menunjang pendidikan anak TK berupa penyuluhan, seminar, atau menyebarkan selebaran yang berupa informasi agar orang tua lebih meningkatkan pendidikan untuk TK Kata Kunci: Peran Guru, Membudayakan Mengucapkan Salam
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011