Penulis / NIM
NURMILA ANWAR / 153408153
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Nurmila Anwar. 2012. Peran Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Membilang 1-10 pada Anak Kelompok B TK Cendrawasih Tilamuta Kabupaten Boalemo . Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I DR. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Syamsiar Rivai, M.Pd.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru peran guru dalam mengembangkan kemampuan membilang 1-10 pada anak. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah deskriptif. Lokasi penelitian di TK Cendrawasih Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo. Sumber data dalam penelitian ini adalah responden dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan membilang 1-10 pada anak Kelompok B TK Cendrawasih Tilamuta Kabupaten Boalemo dilaksanakan dengan memperhatikan berbagai aspek yang mendukung pelaksanaan pembelajaran seperti pengaturan kegiatan belajar, pemilihan metode/teknik pembelajaran, pemilihan media/alat, dan evaluasi. Hasil wawancara dengan guru dan kepala sekolah menyatakan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan membilang 1-10 pada anak telah dilaksanakan dengan baik walaupun masih terdapat sebagian anak yang belum mampu membilang 1-10 dengan benar.
Simpulan dari hasil penelitian ini adalah peran guru dalam mengelola dan merencanakan pembelajaran dengan memperhatikan beberapa komponen pembelajaran dapat mengembangkan kemampuan membilang 1-10 pada anak.
Kata Kunci : Peran Guru dan Kemampuan Membilang 1-10
Download berkas