Penulis / NIM
OMI MOKOGINTA / 153408159
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Omi Mokoginta. NIM 153 408 159. “Analisis Disiplin Belajar Anak Kelompok B1 TK Kartika XX-26, Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing 1; Dr. Hj. Weny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing 2, Nunung Suryana Jamin SE,M.Si
Penelitian ini bermaksud menganalisa penerapan disiplin anak di lingkungan TK Kartika VII-26 yang merupakan yayasan dari Angkatan Darat Republik Indonesia. Implementasi disiplin yang ada pada TK Kartika VII-26 Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo terdapat pada aspek, yang menjadi indikator pembelajaran, terutama disiplin belajar.
Metode dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian kualitatif dengan memperoleh data hasil wawancara langsung dengan guru sebagai subjek penelitian dan anak sebagai objek penelitian.
Hasil penelitian pada guru dan anak di TK Kartika VII-26 Kelurahan Liluwo Kecamatan Kota Tengah menunjukkan bahwa peran guru dan orang tua merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi disiplin belajar anak berdasar pada keteladanan orang tua, kewibawaan,hukuman dan ganjaran yang diberikan baik yang diimplementasikan di rumah maupun di sekolah.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi disiplin belajar di TK Kartika tampak pada setiap tahapan kegiatan pembelajaran yang dilalui oleh anak yang ada di kelompok B1.
Kata Kunci : Disiplin Belajar dan Anak Kelompok B1
Download berkas