SKRIPSI

Penulis / NIM
RAPIKA IBRAHIM / 153408165
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. MOHAMAD ZUBAIDI, S.Pd., M.Pd / 0022106604
Abstrak
Rapika Ibrahim. 2012. ” Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus melalui Metode Pemberian Tugas pada Anak Kelompok B2 di TK Cendrawasih Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato”. Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd dan Pembimbing II: Mohamad Zubaidi. S.Pd, M.Pd Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah kemampuan Motorik Halus pada anak Kelompok B2 TK Cendrawasih Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato dapat ditingkatkan melalui metode pemberian tugas?”. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Motorik Halus melalui metode pemberian tugas pada anak kelompok B2 TK Cendrawasih Kecamatan Duhiadaa Kabupaten Pohuwato. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, tiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pemberian tugas mampu meningkatkan kemampuan Motorik Halus di TK Cendrawasih Kecamatan Duhiadaa. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan; 1) metode pemberian tugasdapat digunakan sebagai salah satu teknik untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mencocok gambar, 2) guru perlu memiliki wawasan dan keterampilan guru yang memadai tentang penerapan metode pemberian tugas dalam proses pembelajaran agar dapat memberikan hasil yang optimal, 3) perlu dilakukan kegiatan pelatihan secara berjenjang kepada guru untuk memiliki pemahaman dan keterampilan yang ideal dalam memfasilitasi anak untuk mencocok gambar, dan 4) perlu dilakukan kegiatan penelitian lanjutan untuk mengetahui berbagai aspek yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan anak dalam mencocok gambar agar proses pembelajaran menggambar yang dilakukan guru lebih dinamis. Kata Kunci: Mencocok Gambar, Pemberian Tugas
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011