Penulis / NIM
REFLINA HADJU / 153408168
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. MARTIANTY NALOLE, M.Pd. / 0005035908
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
ABSTRAK
Reflina Hadju. NIM. 151 408 168. “Meningkatkan Pemahaman Konsep geometri ruang melalui permainan basic shape A pada anak kelompok B di TK Putra IV Kota Tengah Kota Gorontalo”. Skripsi 2012. S1 – PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Martianty Nalole, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, M.Pd.
Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah permainan basic shape A dapat meningkatkan pemahaman konsep geometri ruang pada anak Kelompok B TK Putra IV Kota Tengah Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep geometri ruang melalui permainan basic shape A pada anak kelomppok B di TK Putra IV Kota Tengah Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelompok kelompok B di TK Putra IV Kota Tengah Kota Gorontalo dengan subjek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa data observasi awal dari 20 orang anak terdapat 7 orang anak atau 35% yang paham tentang konsep geometri ruang. Setelah diadakan siklus I mengalami peningkatan menjadi 8 orang anak atau 40% yang paham tentang geometri ruang sedangkan yang belum paham 12 orang atau sebesar 60%. Kemudian pada siklus II lebih meningkat lagi menjadi 16 orang atau sebesar 80% yang paham tentang konsep geometri ruang.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa melalui permainan basic shape A, pemahaman konsep geometri ruang kelompok B TK Putra IV Kota Tengah Kota Gorontalo meningkat.
Kata Kunci : Pemahaman, Konsep, Geometri Ruang, Permainan Basic Shape A.
Download berkas