Penulis / NIM
ROSNA AHMAD / 153408181
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Rosna Ahmad 2012. NIM: 153408181. Meningkatkan Kemampuan Kosakata Melalui Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B di TK ABA Dehuwalolo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Dajani Suleman, M.Hum, Pembimbing II Dra. Samsiar RivaI, S.Pd, M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemampuan Kosakata pada anak kelompok B di TK ABA Dehuwalolo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode bercerita? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kosakata melalui pendekatan metode bercerita pada anak kelompok B di TK ABA Dehuwalolo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo.
Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus dengan subjek penelitian 20 orang anak kelompok B di TK ABA Dehuwalolo Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo. Teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi dengan analisis data prosentase.
Hasil penelitian menunjukkan pada observasi awal 6 orang anak (30%) memiliki kemampuan kosakata. Siklus I, 12 orang anak (60%) memiliki kemampuan kosakata. Pada siklus II, mengalami peningkatan menjadi 18 orang anak (90%). Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang telah dikumpulkan melalui hasil penelitian.
Simpulan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bercerita kemampuan kosakata pada anak kelompok B di TK ABA Dehuwalolo Kecamatan Limboto Kabupatan Gorontalo meningkat. Berarti hipotesis dalam penelitian ini diterima.
Kata Kunci: Kemampuan, Kosakata, Metode, Bercerita.
Download berkas