Penulis / NIM
SARTIKA PAKAYA / 153408191
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Sartika Pakaya. 2012. Deskripsi Penerapan Metode BCCT ( Beyond Center And Circle Time ) di Kelompok B PAUD Damhil Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Ruslin Badu M.Pd, dan Pembimbing II, Nunung Suryana Jamin SE.M.Si.
Penelitian ini bermaksud untuk mendeskripsikan penerapan metode BCCT ( Beyond Center And Circle Time ) di Kelompok B PAUD Damhil Kota Selatan Kota Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah penerapan metode BCCT ( Beyond Center And Circle Time ) di Kelompok B PAUD Damhil Kota Selatan Kota Gorontalo ?
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan desain deskriptif serta teknik pengumpulan data dalam bentuk wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut : Penerapan Metode BCCT ( Beyond Center And Circle Time ) di kelompok B PAUD Damhil Kota Selatan Kota Gorontalo belum maksimal seperti pembelajaran yang menerapkan metode BCCT pada pembelajarannya. Hal ini disebabkan karena, kurangnya media pembelajaran yang menunjang, keadaan anak didik yang melebihi kuota dalam satu ruang kelas.Selain itu, kurangnya ruang kelas untuk menunjang efektifnya penerapan metode BCCT dan juga jumlah pendidik yang masih sedikit sehingga begitu berpengaruh pada penerapan metode BCCT di PAUD ini.
Oleh karenanya, disarankan kepada Kepala Sekolah dan Pendidik agar lebih memperhatikan sarana dan prasarana di PAUD ini, agar pembelajaran di PAUD ini berjalan selayaknya PAUD yang menggunakan Metode BCCT dalam pembelajarannya.
Kata kunci : Penerapan Metode BCCT dan Belajar
Download berkas