SKRIPSI

Penulis / NIM
SHERLY / 153408196
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
SHERLY. Meningkatkan Pengenalan Konsep Sains Sederhana Melalui Metode Bermain di TK Maritim Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi S1 Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2012. Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI S.Pd, M.Pd dan Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd Sebagai Pembimbing. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah Pengenalan Konsep Sains Sederhana di TK Maritim Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode Bermain? Sedangkan tujuan dari penelitian untuk meningkatkan pengenalan konsep sains sederhana di TK Maritim Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo melalui metode bermain. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Namun sebelum melakukan proses pemberian siklus, sebelumnya peneliti melakukan observasi awal yang bertujuan untuk melihat kemampuan pengetahuan anak terhadap konsep sains sederhana. Dalam subjek penelitian adalah anak TK yang berjumlah 20 orang dengan observasi awal untuk kriteria mampu 30% (6 anak), kurang mampu 40% (8 anak), dan tidak mampu 30%(6 anak). Adapun yang digunakan dalam pengenalan konsep sains sederhana dengan indikator kinerja 80% (16 anak)dari jumlah anak yang memiliki kemampuan pengenalan konsep sains sederhana. Dari hasil analisis data diperoleh siklus I untuk kriteria mampu 58.75% (12 orang), kurang mampu 32.5% (6 orang), tidak mampu 8.75% (2 orang), siklus II mampu 81.25% (16 anak), kurang mampu 15% (3 anak), tidak mampu 3.75% (1 anak). Dengan demikian maka hipotesis penelitian yang menyatakan bahwa dengan meningkatkan pengenalan konsep sains sederhana melalui metode bermain di TK Maritim Kecamatan Hulonthalangi Kota Gorontalo dapat diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode bermain kemampuan anak dalam pengenalan konsep sains sederhana yang mulanya pada observasi awal hanya 30% (6 anak) dapat meningkat menjadi 81.25% atau sekitar 16 anak yang telah mampu mengenal konsep sains sederhana. Kata kunci : konsep sains sederhana, bermain.
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011