Penulis / NIM
SINTA RUSMAN RAHMAN / 153408197
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Pembimbing 2 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Abstrak
Sinta Rusman Rahman. Skripsi “Mengembangkan Kemampuan Berbahasa Anak Melalui Metode Bermain Peran pada Kelompok B di TK Huyula Kecamatan Tilango Kabupatan Gorontalo”. Program Studi S1 – PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Dajani Suleman, M.Hum dan Pembimbing II Dra. Syamsiar RivaI, M.Pd
Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah dengan pengunaan metode bermain peran, kemampuan berbahasa anak pada kelompok B di TK Huyula Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo dapat dikembangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan berbahasa melalui metode bermain peran di TK Huyula Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelompok B di TK Huyula Kecamatan Tilango Kabupatan Gorontalo dengan subjek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan I dan II belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II pertemuan I pun belum berhasil, dan dilanjutkan kesiklus II pertemuan II hasil yang dicapai adanya peningkatan yang cukup siginifikan diantaranya. Anak dalam mengucapkan kalimat, 18 orang atau 90% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 2 orang atau 10% termasuk kategori kurang mampu, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu. Kelancaran dalam berkomunikasi, 16 orang atau 80% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 4 orang atau 20% termasuk kategori kurang mampu, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu. Menyebutkan sifat-sifat tokoh yang ada pada cerita yang didengarnya, 18 orang anak atau 90% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori mampu, 2 orang anak atau 10% termasuk kategori kurang mampu, dan sudah tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori tidak mampu hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran, dapat mengembangkan kemampuan berbahasa pada anak kelompok B di TK Huyula Kecamatan Tilango Kabupeten Gorontalo. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci : Kemampuan Berbahasa, Metode Bermain Peran
Download berkas