SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI HASTUTI HUSAIN / 153408204
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Sri Hastuti Husain, NIM. 153 408 204. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bentuk – Bentuk Geometri Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B TK Rini II Kelurahan Leato Selatan Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Samsiah, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. 2012 Permasalahan dalam penelitian ini adalah : “Apakah permainan balok dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak Kelompok B TK Rini II Keluraha Leato Selatan Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo?”. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Mengenal Bentuk – Bentuk Geometri Melalui Permainan Balok Pada Anak Kelompok B TK Rini II Kelurahan Leato Selatan Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase pada setiap siklus untuk mengetahui adanya peningkatan kemampuan anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri melalui permainan balok. Hasil penelitian diperoleh bahwa terjadi peningkatan dalam kemampuan Mengenal Bentuk – Bentuk Geometri pada anak Kelompok B TK Rini II Kelurahan Leato Selatan Kecamatan Dumbo Raya Kota Gorontalo melalui permainan balok. Hal ini terlihat pada setiap siklus terjadi peningkatan hasil kegiatan pembelajaran Mengenal Bentuk –Bentuk Geometri Melalui Permaian Balok yaitu 5 orang anak atau 25% dari observasi awal meningkat menjadi 10 orang anak atau 50% pada siklus I, dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 17 orang anak atau 85% yang memiliki kemampuan dalam menyebutkan bentuk-bentuk geometri, mengelompokkan bentuk-bentuk geometri, menyusun balok sesuai bentuk, dan menciptakan bangunan dari balok Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan balok maka kemampuan mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak dapat ditingkatkan. Kata Kunci: Mengenal Bentuk-Bentuk Geometri,Permainan Balok
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011