SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI WILANINGSIH AMELIA KASU / 153408208
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Sri Wilaningsih Amelia Kasu, NIM. 153 408 208. Meningkatkan Motorik Halus Melalui Permainan Menjiplak Gambar Pada Anak Kelompok B TK Mandiri Desa Tingkohubu Kecamatan Suwawan Kabupaten Bone Bolango. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd dan Pembimbing II Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd. 2012 Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah ”Apakah permainan menjiplak gambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak Kelompok B TK Mandiri Desa Tingkohubu Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango?”. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui permainan menjiplak gambar pada anak Kelompok B TK Mandiri Desa Tingkohubu Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatnya peningkatan kemampuan motorik halus anak Kelompok B TK Mandiri Desa Tingkohubu Kecamatan Suwawa Kabupaten Bone Bolango melalui permainan menjiplak gambar. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil observasi awal hanya 6 anak atau 35% yang mampu menggerakkan alat tulis dengan baik dalam menjiplak gambar, koordinasi mata dan tangan dalam menjiplak gambar dengan rapi, dan kerapian dalam menjiplak gambar, setelah diadakan tindakan siklus I meningkat menjadi 11 anak atau 63% yang mampu melakukannya. Dilanjutkan ke siklus II meningkat menjadi 14 anak atau 84% anak yang mampu menggerakkan alat tulis dengan baik dalam menjiplak gambar, koordinasi mata dan tangan dalam menjiplak gambar dengan rapi, dan kerapian dalam menjiplak gambar. Implikasi hasil penelitian diharapkan bagi pimpinan TK Mandiri, hendaknya berusaha menyediakan fasilitas yang dapat mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan motorik halus anak melalui permainan menjiplak gambar seperti: alat-alat yang dibutuhkan dalam menjiplak dan gambar-gambar yang akan dijiplak. Bagi guru, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai suatu alternatif dalam melaksanakan proses pembelajaran motorik kasar yang efektif, menarik dan menyenangkan melalui permainan menjiblak gambar. Bagi peneliti lanjut, penelitian ini dapat diterapkan di TK maupun Paud yang lain. Namun harus sesuai dengan konteks atau karakteristik sekolah Kata Kunci: Kemampuan Motorik Halus, Permainan Menjiplak Gambar
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011