Penulis / NIM
SRIYOLANDA DJAFAR / 153408209
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Sri Yolanda Djafar. 2012. Analisis Pengembangan Kecerdasan Naturalistik Anak PAUD Annisa Desa Tilote Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Dra.Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd, Pembimbing II : Irvin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd.
Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah kecerdasan naturalistik anak PAUD Annisa Desa Tilote Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kecerdasan naturalistik anak PAUD Annisa Desa Tilote Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo.
Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PAUD Annisa Desa Tilote Kecamatan Tilango Kabupaten Gorontalo. Subjek penelitian adalah 20 orang anak usia 4 sampai 5 tahun, orang tua anak dan guru mitra. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan keseluruhan anak menunjukkan perilaku menyukai alam terbuka. Disamping itu, terdapat 15 anak yang sudah peka terhadap alam. Perilaku naturalistik yang lain yang ditunjukkan anak yakni mengenal tumbuhan. Terdapat sekitar 13 anak telah mengenal tumbuhan. Disamping itu 12 anak telah memiliki kepedulian yang tinggi terhadap hewan-hewan dan tumbuhan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil penelitian disarankan dalam proses pembelajaran, baik guru maupun pengelola PAUD lebih menekankan pada pembelajaran yang dapat mengasah dan mengembangkan kecerdasan naturalistik anak baik menyangkut pemilihan metode maupun materi yang tepat.
Kata Kunci: Kecerdasan Naturalistik
Download berkas