SKRIPSI

Penulis / NIM
SRI YUNANGSIH MERTOSONO / 153408211
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Sri Yunangsih Mertosono, NIM 153 408 211. Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosa Kata Bahasa Inggris Melalui Metode Total Physical Responds pada anak Kelompok B di PAUD Anggrek Jaya 2 Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah mengenal kosa kata bahasa inggris dalam pengucapannya atau lafal masih banyak yang belum mampu baik dalam mengucapkan maupun mengartikannya ke dalam bahasa inggris melalui metode total physical responds pada Anak Kelompok B di PAUD Anggrek Jaya 2 Desa Padengo Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris melalui metode total physical responds pada anak kelompok B di PAUD Anggrek Jaya 2 Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilakukan pada Anak Kelompok B di PAUD Kelompok Bermain (KB) Anggrek Jaya 2 Kecamatan Limboto Barat Kabupaten Gorontalo yang berusia 3-4 tahun yang terdiri dari 8 orang anak laki-laki dan 12 orang anak perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan melalui dua tahap yakni kegiatan pembelajaran siklus I dan siklus II. Data ini diambil dengan menggunakan lembar observasi kegiatan. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan prosedur persentase sederhana setiap variabelnya. Berdasarkan data yang diperoleh pada siklus I pada aspek mengucapkan kata dalam bahasa inggris yang mampu 8 orang anak atau 40%. Pada aspek mengucapkan kata sesuai dengan gerakan yang mampu 9 orang anak atau 45%. Dan pada aspek mengucapkan kata demi kata secara berurutan dengan menyanyi yang mampu 7 orang anak atau 35%. Pada pembelajaran siklus II mengalami peningkatan yaitu pada aspek mengucapkan kata dalam bahasa inggris yang mampu 16 orang anak atau 80%. Pada aspek mengucapkan kata sesuai dengan gerakan yang mampu 16 orang anak atau 80%. Dan pada aspek mengucapkan kata demi kata secara berurutan dengan menyanyi yang mampu 16 orang anak atau 80%. Pada siklus I dan II peneliti mengambil sampel 20 orang anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jika dalam kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris menggunakan metode total physical responds maka kemampuan mengenal kosa kata bahasa inggris anak dapat ditingkatkan. Kata Kunci: Kemampuan Bahasa Inggris, Metode Total Physical Responds
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011