Penulis / NIM
SRIWATI N. ALI / 153408212
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Sriwati N. Ali. NIM. 153408212. 2012. Mengembangkan Pengenalan Konsep Kata melalui Permainan Moving Family pada Anak Kelompok B PAUD Sakura II Kecamatan Bongomeme. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dra. Samsiar Rivai, S.Pd M.Pd, Pembimbing II : Dra. Dajani Suleman, M.Hum
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah Apakah kemampuan anak dalam mengenal konsep kata dapat dikembangkan melalui permainan moving family pada anak kelompok B PAUD Sakura II Kecamatan Bongomeme? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengembangkan pengenalan konsep kata melalui permainan moving family pada anak kelompok B PAUD Sakura II Kecamatan Bongomeme. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan analisis persentase
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan moving family maka kemampuan anak kelompok B PAUD Sakura II Kecamatan Bongomeme dalam mengenal konsep kata berkembang. Hal ini ditunjukkan dengan kemampuan anak mengenal konsep kata dapat dikembangkan melalui permainan moving family di PAUD Sakura II Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo. Pada kegiatan observasi awal menunjukkan bahwa hanya 8 anak (40.00%) dari 20 anak PAUD Sakura II anak yang memiliki kemampuan baik dalam mengenal konsep kata. Setelah melalui kegiatan siklus I menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan anak dalam mengenal konsep kata menjadi 14 anak (70.00%) dari 20 anak. Pada siklus II tingkat persentase kemampuan anak yang mampu dalam mengenal konsep kata mengalami peningkatan mencapai 17 orang (85.00%) dari 20 orang anak yang ada di PAUD Sakura II Kecamatan Bongomeme Kabupaten Gorontalo
Terkait temuan penelitian maka disarankan beberapa hal sebagai berikut; 1) permainan moving family dapat digunakan sebagai salah satu teknik untuk meningkatkan kemampuan anak mengenal konsep kata, 2) guru perlu memiliki wawasan dan keterampilan yang memadai tentang penerapan permainan moving family dalam proses pembelajaran agar dapat memberikan hasil yang optimal.
Kata Kunci: Konsep Kata, Permainan Moving Family
Download berkas