Penulis / NIM
WARNI HASAN / 153408227
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Warni Hasan, NIM. 153 408 227. Meningkatkan Kemampuan Mengucapkan Kata Dalam Bahasa Gorontalo Melalui Teknik Bernyanyi Pada Anak Kelompok B TK Kihajar Dewantoro 13 Kelurahan Huangobotu Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Weny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Nunung Suryana Jamin, SE M.Si. 2012
Masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah ”Apakah teknik bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan mengucapkan kata dalam bahasa Gorontalo pada anak Kelompok B TK Kihajar Dewantoro 13 Kelurahan Huangobotu Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo?”. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengucapkan kata dalam bahasa Gorontalo melalui teknik bernyanyi Kelompok B TK Kihadjar Dewantoro 13.
Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase (%).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapatnya peningkatan kemampuan mengucapkan kata dalam bahasa Gorontalo Kelompok B TK Kihadjar Dewantoro 13 Kelurahan Huangobotu Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo melalui teknik bernyanyi.
Implikasi hasil penelitian diharapkan bagi bagi pimpinan TK Kihadjar Dewantoro 13, hendaknya berusaha menyediakan fasilitas yang dapat mendukung kelancaran kegiatan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mengucapkan kata dalam bahasa Gorontalo. Bagi guru, hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai suatu alternatif dalam melaksanakan proses pembelajaran teknik bernyanyi yang efektif, menarik dan menyenangkan. Bagi peneliti lanjut, penelitian ini dapat diterapkan di TK maupun Paud yang lain.
Simpulan penelitian ini secara singkat yakni dapat dibuktikan dari hasil observasi awal hanya 5 anak atau 25% yang mampu mengucapkan kata dalam bahasa Gorontalo, mampu menyebutkan nama-nama hari, istilah kekerabatan dan nama-nama bagian tubuh dalam bahasa Gorontalo; mengucapkan nama-nama hari, istilah kekerabatan dan nama-nama bagian tubuh dalam bahasa Gorontalo dengan intonasi yang tepat; menjelaskan arti/maksud kata nama-nama hari, istilah kekerabatan dan nama-nama bagian tubuh dalam bahasa Gorontalo dengan benar, setelah diadakan tindakan siklus I meningkat menjadi 11 anak atau 55% yang mampu melakukannya. Dilanjutkan ke siklus II meningkat menjadi 17 anak atau 85% anak yang mampu mengucapkan kata dalam bahasa Gorontalo dengan benar
Kata Kunci: Kemampuan Mengucapkan Kata, Teknik Bernyanyi
Download berkas