SKRIPSI

Penulis / NIM
WERTY TANGAHU / 153408230
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Werty Tangahu. Nim. 153408230. Mengembangkan kemampuan mengidentifikasi permukaan benda-benda kasar dan halus melalui permainan kotak misteri pada anak kelompok B di Tk Al-wathaniyah kota gorontalo, Program Studi S1 PAUD, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Gorontalo 2012. Pembimbing I Dra.Rapi Us Djuko.M Pd, Pembimbing II Meylan Saleh,S.Pd M.Pd Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah dengan permainan kotak misteri kemampuan mengidentifikasi benda kasar dan halus pada anak kelompok B di TK Al-Wathaniyah Kota Gorontalo dapat dikembangkan? Dengan tujuan penelitian untuk mengembangkan kemampuan menentukan dan menyebut benda –benda kasar dan halus melalui permainan kotak misteri. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tehnik pengolahan data secara kuantitatif, penelitian ini dilaksanakan pada anak kelompok B TK Al-wathaniyah Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo yang berjumlah 24 orang , terdiri dari anak laki - laki 13 orang dan perempuan 11 orang. Pemecahan masalah pada penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus dengan masing-masing siklus satu kali pertemuan, dimana pada setiap siklus terdiri dari tahap awal, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pemantauan dan evaluasi dengan indikator yaitu adalah anak TK Alwathaniyah yang berjumlah 24 orang dengan observasi awal untuk kriteria mampu 33,4 % ( 8 orang ), kurang mampu 16,7 % ( 4 orang), tidak mampu 50 % ( 12 orang ) meningkat menjadi 83,4 % ( 20 orang ) untuk yang mampu dan kurang mampu 4,7 % ( 1 orang), sedangkan yang tidak mampu 12,5 % ( 3 orang ) . Ini menunjukan kemampuan Menentukan dan menyebutkan benda-benda kasar dan halus pada anak TK Alwathaniyah di nyatakan sudah baik dan bagus . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penelitian kemampuan Mengidentifikasi permukaan benda-benda kasar dan halus pada anak di TK Al-wathaniyah Kec. Kota Timur Kota Gorontalo, dapat dikembangkan melalui permainan kotak misteri. Kata kunci : Mengidentifikasi, permukaan benda-benda kasar dan halus, permainan kotak misteri
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011