Penulis / NIM
YULINDA LAITA / 153408243
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
Yulinda laita, 2012,“ Analisis kemampuan mengenal huruf abjad pada anak kelompok B di TK Swadaya Biyonga Kecamatan Limboto”. Skripsi Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I. Dra. Hj Rena L Madina S.Pd M.Pd dan Pembimbing II. Drs. Dra. Rapi S Djuko, M.Pd
Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : Bagaimanakah analisis kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia dini di TK Swadaya Biyonga kelompok B. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui kemampuan mengenal huruf abjad pada anak usia dini di TK Swadaya Biyonga kecamatan Limboto kelompok B.
Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomonologis, sehingga peran peneliti disini sebagai instrument utama yang terlibat langsung dengan pengamatan dan wawancara sehingga data yang di kumpulkan benar benar akurat sesuai dengan kebutuhan penelitian. Analisa data yang di kumpulkan melalui tiga langkah, yakni: langkah pertama analisa domain untuk memperoleh gambaran umum ringkasan pengamatan dan wawancara , kedua analisis taksomi yaitu pengamatan berfokus untuk menghimpun elemen elemen yang ada hubungannya dengan rumusan masalah dan langkah ketiga melakukan analisis tema untuk mendeskripsikan data sebagai pedoman dalam melakukan pembahasan skripsi hasil penelitian.
Penelitian awal menunjukkan bahwa analisis kemampuan mengenal huruf abjad pada anak kelompok B di TK swadaya Biyonga kecamatan Limboto kabupaten Gorontalo.Terdapat beberapa siswa yang belum mengenal huruf abjad. 7 orang dari sejumlah 18 orang siswa Kelas B. Salah satu alternatif mengatasi hal ini adalah dengan melalui pembelajaran Alfa beth . Jika masalah ini tidak dicari solusinya dikhawatirkan anak anak tidak akan mampu mengenal huruf abjad..
Kata Kunci: Mengenal Huruf Abjad Pada anak Kelompok B
Download berkas