SKRIPSI

Penulis / NIM
YULIYANTI HS. KALUKU / 153408246
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
Sederhana Anak Melalui Pemanfaatan Lingkungan Sekolah (Penelitian Di Kelompok B TK Perwati Kelurahan Liluwo Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo). Skripsi Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dr. Hj. Weny Hulukati, M.Pd dan Pembimbing II Dra. Rapi Us Djuko, M.Pd. 2012 Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sains sederhana anak Kelompok B TK Perwati Kelurahan Liluwo Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo melalui pemanfaatan lingkungan sekolah. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari: tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah adalah teknik analisis deskriptif presentase. Hasil penelitian diperoleh bahwa pemanfaatan lingkungan sekolah dapat meningkatkan kemampuan sains sederhana pada anak Kelompok B TK Perwati Kelurahan Liluwo Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Hasil pengamatan siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yaitu pada siklus I terdapat terdapat 59% anak Kelompok B TK Perwati yang telah mampu melakukan sendiri dan tanpa dibantu oleh guru dalam mengamati jenis-jenis bunga yang termasuk bunga sempurna dan bunga tidak sempurna pada tanaman, mengelompokkan perbedaan bunga sempurna dan bunga tidak sempurna pada tanaman, dan menghitung bagian-bagian bunga sempurna pada tanaman dengan kata-kata sendiri. Dilanjutkan ke siklus II sudah terdapat 86% anak Kelompok B TK Perwati yang telah mampu melakukan sendiri dan tanpa dibantu oleh guru. Sehingga data yang diperoleh mendukung hipotesis tindakan yang diajukan. Hasil penelitian diharapkan dapat terus meningkatkan kemampuan sains sederhana anak yang lebih kompleks lagi dengan memanfaatkan lingkungan sekolah. Kata Kunci: Meningkatkan, Kemampuan Sains Sederhana, Pemanfaatan Lingkungan Sekolah
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011