Penulis / NIM
ZEIN TAMRIN DANIAL / 153408252
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. WENNY HULUKATI, M.Pd / 0018095706
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ZEIN TAMRIN DANIAL, 2012. NIM : 153 408 252. Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Penggunaan Metode Eksperimen di Kelompok B TPA Jabal Rahmah Desa Bulila Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Wenny Hulukati, M.Pd, Pembimbing II, Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Peningkatan kemampuan kecerdasan naturalis anak yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi aspek sebagai berikut: 1) Anak mampu menyebutkan jenis tanaman buah-buahan dan tanaman bunga. 2) Anak mampu melakukan eksperimen sederhana cara menanam tanaman. 3) Anak mampu mengelompokkan tanaman bunga sesuai warna.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak di kelompok B TPA Jabal Rahmah Desa Bulila Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan naturalis anak melalui penggunaan metode eksperimen di kelompok B TPA Jabal Rahmah Desa Bulila Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Dalam penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari 3 siklus dengan subyek penelitian sebanyak 20 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tahap observasi awal diperoleh hasil 26,66%, siklus I diperoleh 43,33%, siklus II diperoleh 59,2% dan siklus III diperoleh hasil 75%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dapat meningkatkan kecerdasan naturalis anak di kelompok B TPA Jabal Rahmah Desa Bulila Kecamatan Telaga Kabupaten Gorontalo.
Kata Kunci : Kecerdasan Naturalis, Metode Eksperimen.
Download berkas