SKRIPSI

Penulis / NIM
HASNI ABDULLAH / 153408286
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Hasni Abdullah. Skripsi “Meningkatkan kecerdasan sosial melalui Teknik Problem Solving pada Anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Kota Selatan Kota Gorontalo”. Program Studi S1 – PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd dan Pembimbing II Irfin Novita Arifin, S.Pd, M.Pd. Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Apakah melalui teknik Problem Solving dapat meningkatkan kecerdasan sosial anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Kota Selatan Kota Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kecerdasan sosial melalui teknik Problem Solving pada Anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Kota Selatan Kota Gorontalo dengan subjek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan I dan II belum ada penigkatan yang signifikan, dilanjutkan ke siklus II pertemuan I belum mencapai indikator yang telah ditetapkan, siklus II pertemuan II hasil yang dicapai adanya peniignifikan ngkatan yang cukup siginifikan diantaranya. Aspek kerjasama yang memperoleh nilai baik mencapai (80%) atau 16 orang dari 20 orang, untuk kriteria cukup mencapai (20%) atau 4 orang anak dan tidak terdapat yang memperoleh criteria kurang. Aspek komunikasi, dari 20 orang yang memperoleh kritria baik mencapai (80%) atau 16 orang dan yang memperoleh kriteria cukup mencapai (15%) atau 3 orang sementara terdapat anak yang memperoleh kriteria kurang yakni (5%) atau 1 orang. Aspek empati, dari 20 orang yang memperoleh kritria baik mencapai (85%) atau 17 orang dan yang memperoleh kriteria cukup mencapai (15%) atau 3 orang sementara tidak terdapat anak yang memperoleh kriteria kurang. Aspek mengikuti aturan main dari 20 orang yang memperoleh kritria baik mencapai (80%) atau 16 orang dan yang memperoleh kriteria cukup mencapai (20%) atau 4 orang sementara tidak terdapat anak yang memperoleh kriteria kurang. Aspek menahan diri, dari 20 orang yang memperoleh kritria baik mencapai (80%) atau 16 orang dan yang memperoleh kriteria cukup mencapai (20%) atau 4 orang sementara tidak terdapat anak yang memperoleh kriteria kurang hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan. Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan sosial anak kelompok B TK TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Kota Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui teknik problem solving. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan diterima. Kata Kunci : Kecerdasan Sosial, Teknik Problem Solving
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011