Penulis / NIM
RASUNA MUSA BAGU / 153408328
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Rasuna Musa Bagu. Skripsi “Meningkatkan Keterampilan Bertanya Anak Melalui Metode Bermain Peran pada anak kelompok B di TK Cahaya Harapan Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo”. Program Studi S1 – PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd. Kons dan Pembimbing II Syamsiah, S.Pd, M.Pd
Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah dengan pengunaan metode bermain peran, keterampilan bertanya anak Kelompok B di TK Cahaya Harapan Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan bertanya melalui metode bermain peran pada anak kelompok B di TK Cahaya Harapan Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelompok B di TK Cahaya Harapan Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo Gorontalo dengan subjek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan I dan II belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II pertemuan I pun belum berhasil, dan dilanjutkan kesiklus II pertemuan II keterampilan bertanya anak mengalami peningkatan yakni 1) aspek kemampuan mengucapkan kata, 18 orang anak atau 90% berada pada kategori mampu, dan 2 orang anak atau 10% pada kategori kurang mampu, dan tidak terdapat lagi anak pada kategori tidak mampu; 2) kelancaran, 18 orang anak atau 90% memperoleh kategori lancar, dan 2 orang anak atau 10% memperoleh kategori kurang lancar, tidak terdapat lagi anak memperoleh kategori tidak lancar; 3) Kejelasan, 18 orang anak atau 90% pada kategori jelas, dan 2 orang anak atau 10% pada kategori kurang jelas, dan tidak terdapat kategori tidak jelas hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan bertanya pada anak kelompok B TK Cahaya Harapan Kecamatan Kota Selatan Kota Gorontalo Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode bermain peran. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci : Keterampilan Bertanya, Metode Bermain Peran.
Download berkas