Penulis / NIM
RUAIDA UMAR / 153408340
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
Dra DAJANI SULEMAN, M.Hum / 0007105810
Abstrak
Ruaida Umar. Skripsi “Peranan Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak di
TK Rini II Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo”. Program Studi S1 – PAUD Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Syamsiar RivaI, M.Pd dan
Pembimbing II Dra. Dajani Suleman, M.Hum.
Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah Bagaimana Peranan Guru dalam
Mengembangkan Kemampuan Berbicara Anak di TK Rini II Kecamatan Kota Timur Kota
Gorontalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tentang Peranan Guru
dalam mengembangkan kemampuan berbicara pada anak kelompok B di TK RINI II Kecamatan
Kota Timur Kota Gorontalo.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru membantu anak dalam menyampaikan fakta,
karena anak termotivasi dalam pembelajaran, menstimulasi anak dan memberi reaksi yang
diharapkan, sehingga anak memiliki kemampuan mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau katakata
untuk mengekspresikan, menyatakan serta menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan,
memudahkan anak dalam pembelajaran karena anak memahami peristiwa yang dilakukan guru
di depan kelas. Membantu anak memberikan tanggapan tentang apa yang mereka pelajari,
dengan cara memberi penguatan verbal maupun nonverbal.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa peran guru membantu dan mengembangkan
kemampuan anak dalam menyampaikan fakta, karena anak termotivasi dalam pembelajaran,
menstimulasi anak dan memberi reaksi yang diharapkan, sehingga anak memiliki kemampuan
mengucapkan bunyi-bunyi artikulasi atau kata-kata untuk mengekspresikan, menyatakan serta
menyampaikan pikiran, gagasan dan perasaan.
Kata Kunci : Peranan guru, kemampuan berbicara
Download berkas