Penulis / NIM
SALMA MOHAMAD / 153408342
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
Salma Mohamad. NIM 153 408 342. 2012. Meningkatkan Perilaku Mandiri Melalui Pendekatan Individual Pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. S1 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd, Pembimbing II : Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah “Apakah perilaku mandiri anak dapat ditingkatkan melalui penggunaan pendekatan individual pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo?” Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku mandiri melalui pendekatan individual pada anak kelompok B TK Negeri Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Dengan teknik pengumpulan data observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis persentase. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, tiap siklus terdiri dari tahap persiapam, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan dan observasi dan tahap analisis dan refleksi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku mandiri anak dapat ditingkatkan melalui pendekatan individual. Hasil observasi awal menunjukan bahwa hanya 7 anak atau 35% dari 20 anak TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Gorontalo yang memiliki perilaku mandiri yang baik. Setelah dikenai tindakan pada siklus I meningkat menjadi 12 anak atau 60%. Pada siklus yang ke II jumlah anak yang memiliki perilaku mandiri mengalami peningkatan menjadi 17 anak (85%) dari 20 anak di TK Negeri Pembina Ki Hadjar Dewantoro Kota Gorontalo.
Berdasarkan simpulan di tersebut disarankan beberapa hal sebagai berikut: 1) peningkatan perilaku mandiri anak dapat dilakukan melalui pendekatan individual, 2) guru perlu melakukan evaluasi dan refleksi secara rutin terhadap upaya yang dilakukan dalam peningkatan perilaku mandiri anak, 3) perlu upaya persuasive dan keteladanan yang ditunjukkan oleh guru untuk melatih dan meningkatkan perilaku mandiri anak
Kata Kunci: Perilaku Mandiri, Pendekatan Individual
Download berkas