Penulis / NIM
SRI YANTY USMAN / 153408349
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
Sri Yanti Usman. 2012. Mengembangkan kreativitas anak melalui pembelajaran holistik di TK Kartika VII-26 Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan I, Samsiah S.Pd, M.Pd dan bimbingan II, Meylan Saleh, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kreativitas anak dapat dikembangkan melalui pembelajaran holistik pada anak kelompok B di TK Kartika VII-26 Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo ? sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kreativitas anak melalui pembelajaran holistik pada anak kelompok B di TK Kartika VII-26 Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan jumlah anak sebanyak 20 orang anak didik, Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas anak pada siklus I pertemuan I terdapat 50% anak yang memperoleh kualifikasi mampu, sehingga dilanjutkan pada siklus I pertemuan II terdapat 60% memperoleh kualifikasi mampu, namun belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, yakni 75%. sehingga dilanjutkan pada siklus II pertemuan I menunjukkan bahwa kreativitas anak terdapat 75% yang memperoleh kualifikasi mampu, sehingga dapat di buktikan bahwa kreativitas anak dapat dikembangkan melalui pembelajaran holistik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat di simpulkan bahwa melalui pembelajaran holistik maka dapat mengembangkan kreativitas anak pada anak kelompok B di TK Kartika VII-26 Kecamatan Kota Tengah Kota Gorontalo.
Kata kunci : kreativitas anak, pembelajaran holistik
Download berkas