Penulis / NIM
WIRNA JAHYA / 153408358
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. TUTI WANTU, M.Pd, Kons / 0016036105
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Wirna Jahya. Skripsi “Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Metode Pemberian Tugas di Kelompok B TK Montesori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo”. Program Studi S1 – PAUD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Pembimbing I Dra. Hj. Tuti Wantu, M.Pd.Kons dan Pembimbing II Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd
Penelitian ini dilakukan dengan mengajukan masalah apakah melalui metode Pemberian Tugas kemandirian Anak Kelompok B di TK Montesori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo, dapat ditingkatkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Metode Pemberian Tugas di Kelompok B TK Montesori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PTK yang dilaksanakan di kelompok B di TK Montesori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dengan subjek penelitian anak yang berjumlah 20 orang, dengan empat tahapan penelitian, yakni persiapan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, refleksi, dianalisis menggunakan persentase.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pada siklus I pertemuan I dan II belum berhasil, sehingga dilaksanakan tindakan ke siklus II pertemuan I dan belum berhasil, dilanjutkan kesiklus II pertemuan II hasil yang dicapai adanya peningkatan yang cukup siginifikan diantaranya. Pada aspek tekun, 19 orang atau 95% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori baik, 1 orang atau 5% termasuk kategori cukup, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori kurang. Punya inisiatif sendiri, 16 orang atau 80% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori baik, 4 orang atau 20% termasuk kategori cukup, dan tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori kurang. Anak percaya diri, 18 orang anak atau 90% dari 20 anak yang menjadi subyek penelitian termasuk kategori baik, 2 orang anak atau 10% termasuk kategori cukup, dan sudah tidak terdapat lagi anak yang termasuk kategori kurang hasil capaian ini melebihi target yang telah ditetapkan.
Dari hasil penelitian tindakan kelas ini dapat disimpulkan bahwa kemandirian anak kelompok B di TK Montesori Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui metode pemberian tugas. Dengan demikian bahwa hipotesis tindakan yang telah dirumuskan terbukti dan dapat diterima.
Kata Kunci : Kemandirian, Metode Pemberian Tugas.
Download berkas