Penulis / NIM
ZUKINA ARSYAD / 153408368
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra SAMSIAR RIVAI, S.Pd, M.Pd / 0018025904
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Zukina Arsyad. 2012. Meminimalisir kecemasan anak melalui participatory modeling pada anak kelompok B di TK Bustanul Atfal VII Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo. Skripsi, Program Studi SI PAUD Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Dibawah bimbingan I, Dra. Syamsiar Rivai, M.Pd dan bimbingan II, Samsiah, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah kecemasan anak dapat di minimalisirkan melalui participatory modeling pada anak kelompok B di TK Bustanul Atfal VII Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo? sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk meminimalisir kecemasan anak melalui participatory modeling pada anak kelompok B di TK Bustanul Atfal VII Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Dengan jumlah anak sebanyak 20 orang anak didik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meminimalisir kecemasan anak pada siklus I pertemuan I terdapat 50% anak yang memperoleh kualifikasi mampu, sehingga dilanjutkan pada siklus I pertemuan II terdapat 60% memperoleh kualifikasi mampu, namun belum mencapai indikator kinerja yang ditetapkan, yakni 75%. sehingga dilanjutkan pada siklus II pertemuan I menunjukkan bahwa meminimalisir kecemasan anak terdapat 75% yang memperoleh kualifikasi mampu, sehingga dapat di buktikan bahwa kecemasan anak dapat diminimalisirkan melalui participatory modeling.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat di simpulkan bahwa melalui participatory modeling dapat meminimalisirkan kecemasan pada anak kelompok B di TK Bustanul Atfal VII Kecamatan Kota Utara Kota Gorontalo.
Kata kunci : Kecemasan, Participatory Modeling
Download berkas