Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Dr. MISRAN RAHMAN, M.Pd / 0016056205
Motivasi Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak di kelompok B TK Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Hj. Misran Rahman, M.Pd
Permasalahan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah “bagaimana motivasi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak di kelompok B TK Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo??” Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak di kelompok B TK Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menunjukkan motivasi yang cukup baik dalam mengembangkan motorik kasar anak pada aspek semangat dalam melaksanakan tugas dan Kepedulian untuk menyelesaikan tugas, sedangkan pada aspek usaha untuk mencapai tujuan belum menunjukkan motivasi yang optimal.
Kata Kunci: Motivasi, Motorik KasarMotivasi Guru Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak di kelompok B TK Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I,Dr. Hj. Ruslin W. Badu, M.Pd, Pembimbing II : Dr. Hj. Misran Rahman, M.Pd
Permasalahan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah “bagaimana motivasi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak di kelompok B TK Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo??” Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan motivasi guru dalam mengembangkan motorik kasar anak di kelompok B TK Pembina Kota Selatan Kota Gorontalo.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menunjukkan motivasi yang cukup baik dalam mengembangkan motorik kasar anak pada aspek semangat dalam melaksanakan tugas dan Kepedulian untuk menyelesaikan tugas, sedangkan pada aspek usaha untuk mencapai tujuan belum menunjukkan motivasi yang optimal.
Kata Kunci: Motivasi, Motorik Kasar