Penulis / NIM
LEDY BUDIKASI / 153409012
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Pembimbing 2 / NIDN
Dr. PUPUNG PUSPA ARDINI, S.Pd M.Pd / 0010118302
Abstrak
ABSTRAK
Ledy Budikasi. 2013. " Faktor- faktor yang Berperan dalam Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok B TK Sandhy Putra Kota Gorontalo". Skripsi Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Dosen Pembimbing I: Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd dan Dosen Pembimbing II: Pupung Puspa Ardini, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bermaksud mengetahui faktor-faktor yang berperan dalam Kemampuan Berpikir Kritis Anak Kelompok B TK Sandhy Putra Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan faktor-faktor yang berperan dalam kemampuan berpikir kritis anak kelompok B TK Sandhy Putra . Teknik pengumpulan data yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian diatas, maka diperoleh data bahwa anak kelompok B TK Sandhy Putra sudah mampu berpikir kritis. Hal ini dibuktikan dengan hasil temuan yaitu melalui wawancara dari beberapa informan yang terpilih. Dinyatakan bahwa kemampuan berpikir kritis anak lebih terlihat ketika anak berada dalam lingkungan keluarga, yang dilengkapi dengan kondisi fisik yang baik serta motivasi yang tinggi pula, pada guru hanya berfokus pada bahan ajar atau Rencara Kegiatan Harian (RKH) saja dengan kurang melihat perkembangan kognitif lainnya seperti halnya kemampuan berpikir kritis anak.
Maka diharapkan kepada guru untuk terus mengembangkan kemampuan berpikir kritis anak dengan melalui metode tanya jawab atau bercerita yaitu dengan memberikan kesempatan penuh kepada anak untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya.
Kata Kunci : Kemampuan Berpikir Kritis
Download berkas