Penulis / NIM
NURJANA B. GIASI / 153409018
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
NURJANA. B. GIASI. NIM 153 409 018. “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak ( Penelitian Di Kelompok Di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kota Selatan)”. Tugas Akhir Skripsi. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo 2013. Pembimbing 1 Drs. H. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II, Dra. Rapi Us Djuko, MP,d. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Pada Anak kelompok B. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran tentang “Peran Guru Dalam Mengembangkan Kecerdasan Intrapersonal Anak Kelompok B Di TK Negeri Pembina Kihadjar Dewantoro Kota Selatan”. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan memperoleh data hasil wawancara langsung dengan guru sebagai objek penelitian dan anak sebagai subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasanya, maka peneliti dapat menyimpulkan Di TK Negeri Pembina Kota Selatan terdapat anak yang belum memiliki kecerdasan Intrapersonal. Hal ini dikarenakan bahwa peran guru dalam mengembangkan kecerdasan intrapersonal pada anak mengalami kendala karena sebagian anak sulit diajak berkomunikasi hal ini dikarenakan anak yang belum lancar dalam berbicara dan malu pada saat berbicara dengan guru dan juga karakter anak yang berbeda-beda terlebih lagi adanya anak yang tidak mau mendengarkan apa yang dikatakan guru. Anak yang sulit menerima pembelajaran karena adanya masalah dengan teman sebaya seperti menangis saat berebut mainan serta rasa egois yang tinggi pada anak menjadi kendala yang dihadapi guru.Pada bagian akhir ini diberikan kesimpulan bahwa guru sebagai pengajar harus lebih memberikan perhatian yang lebih terhadap anak agar perkembangan kecerdasan diri mereka dapat berkembang dengan baik.
Kata Kunci : Peran Guru, Kecerdasan Intrapersonal
Download berkas