Penulis / NIM
ELAWATI RASID / 153409022
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Pembimbing 2 / NIDN
MEYLAN SALEH, S.Pd, M.Pd / 0007058107
Abstrak
ABSTRAK
Elawati Rasid. 2013.Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Pada Kelompok B TK Sandhy Putra Kelurahan Ipilo Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra, Rapi Us Djuko S.Pd.,M.Pd. Dan pembimbing II Meylan Saleh.,S.Pd.,M.Pd.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Bagaimana peran guru dalam mengembangkan Kemampuan Motorik Halus kepada anak didik di TK Sandhy Putra Kelompok? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengembangkan Kemampuan Motorik Halus anak didik pada kelompok B di TK Sandhy Putra. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yaitu suatu penelitian yang bertujuan memberikan secara rinci, penuh makna dan mendalam tentang fenomena yang berhubungan dengan permasalahan tersebut. Pengumpulan data-data dilakukan melalui observasi ,wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan motorik halus pada kelompok B di TK Sandhy Putra telah dilaksanakan yaitu guru sebagai Pembimbing, guru sebagai Motivator, guru sebagai Fasilitator, guru sebagai Pengelola Kelas. Pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan motorik halus pada kelompok B di TK Sandhy Putra, Proses Pembelajaran di TK Sandhy Putra.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam mengembangkan kemampuan motorik halus pada kelompok B TK Sandhy Putra Kelurahan Ipilo Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo sudah dilaksanakan dengan baik.
Kata Kunci: Peran Guru, Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus
Download berkas