Penulis / NIM
NURJANA USMAN / 153409023
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
Dra. RAPI US DJUKO, M.Pd / 0009096706
Abstrak
Nurjana Usman. 2014, Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I: Drs. Haris Mahmud, S.Pd, M.Si dan Pembimbing II: Dra. Rapi Us. Djuko, M.Pd.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah "Bagaimana Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo?". Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran. Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dilaksanakan di sekolah TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian, menunjukan bahwa Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo telah berjalan dengan baik dan optimal.
Kesimpulan dari penelitian tentang Peran Guru Dalam Mengembangkan Kemampuasn Sosial Pada Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo. Adalah secara umum kemampuan sosial anak di sekolah TK Negeri Pembina Kecamatan Sipatana Kota Gorontalo menunjukan bahwa kemampuan sosial anak sangat baik dan secara umum peran guru dalam mengembangkan kemampuan sosial pada anak kelompok B di sekolah TK Negeri Pembina Kecamatan Kota Gorontalo : 1). Guru sebagai pembimbing, 2). Guru sebagai motivator, 3). Guru sebagai fasilitator, 4). Guru sebagai pengelolah kelas.
Kata Kunci : Peran Guru, Kemampuan Sosial
Download berkas