Penulis / NIM
DOLPIN LASANTU / 153409030
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. H. ABDUL HARIS PANAI, S.Pd, M.Pd / 0026016004
Pembimbing 2 / NIDN
NUNUNG SURYANA JAMIN / 0021127903
Abstrak
Dolpin Lasantu. 2013. Deskripsi Peran Guru Dalam Mengenalkan Konsep Sains Sederhana Pada Kelompok B TK Sandhy Putra Kelurahan Ipilo Kecamatan Kota Timur Kota Gorontalo. Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Prof. Dr. H. Abdul Haris PanaI, S.Pd, M.Pd. dan pembimbing II Nunung Suryana Jamin SE,M.Si.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni: Bagaimana peran guru dalam mengenalkan konsep sains sederhana kepada anak didik di TK Sandhy Putra Kelompok? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam mengenalkan konsep sains sederhana pada anak didik pada kelompok B di TK Sandhy Putra. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu suatu penelitian yang bertujuan memberikan suatu deskripsi secara rinci, penuh makna dan mendalam tentang fenomena yang berhubungan dengan permasalahan tersebut. Pengumpulan data-data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam mengenalkan konsep sains sederhana pada kelompok B di TK Sandhy Putra telah dilaksanakan yang meliputi guru sebagai perencana, guru sebagai fasilitator, guru sebagai observer, dan guru sebagai evaluator.Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru dalam mengenalkan konsep sains sederhana diharapkan seorang guru memiliki beberapa alternatif terhadap pembelajaran sebagai variasi dari pembelajaran yang akan dilakukan.
Kata Kunci: Peran Guru, Mengenal Konsep Sains Sederhana
Download berkas