Penulis / NIM
SRI ZAINAB AHMAD / 153409032
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Sri zainab ahmad. 2013. Peran Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Pembelajaran BCCT (Beyond centers and circle time) Pada Sentra Bahan Alam Di Kelompok Bermain Damhil Kota Selatan Kota Gorontalo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I, Dr. Hj. Ruslin Badu, M.Pd dan Pembimbing II, Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd.
Permasalahan Dalam Hasil penelitian ini adalah Peran Guru Dalam Menerapkan Pendekatan Pembelajaran BCCT (Beyond centers and circle time) Pada Sentra Bahan Alam Di Kelompok Bermain Damhil Kota Selatan Kota Gorontalo belum optimal sehingga perlu ditingkatkan. Hal ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran yang menunjang, keadaan anak didik yang melebihi kuota dalam satu ruang kelas, serta kurangnya ruang kelas untuk efektifnya penerapan pembelajaran BCCT (Beyond centers and circle time,) dan juga jumlah pendidik yang masih sedikit. Sehingga berpengaruh pada penerapan pembelajaran BCCT (Beyond centers and circle time) di Paud Damhil.
Penelitian ini dilakukan di Paud Damhil yang terdiri dari 45 (empat puluh lima) anak. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Untuk itu disarankan kepada kepala sekolah dan pendidik agar lebih memperhatikan sarana dan prasaran yang ada di Paud Damhil, Agar pembelajaran di Paud Damhil ini dapat berjalan selayaknya paud yang dapat menerapkan pendekatan pembelajaran BCCT (Beyond centers and circle time).
Kata Kunci : Peran guru, BCCT (Beyond centers and circle time), sentra bahan alam
Download berkas