Penulis / NIM
SRI MARSALENA LAPAMONA / 153409036
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
Dr ABDUL HAMID ISA, M.Pd / 0012056006
Abstrak
ABSTRAK
Sri Marsalena Lapamona. 2015. Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Metode Bermain Peran Makro di Kelompok B TK Siaga Permai Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I Dra. Rena I. Madina, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Abd. Hamid Isa, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui meningkatkan rasa percaya diri anak melalui metode bermain peran makro di Kelompok B TK Siaga Permai Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango. Metode yang dipakai yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu, Tahap Persiapan, Tahap Pelaksanaan tindakan, Tahap Pemantauan dan evaluasi, Tahap Analisis dan refleksi. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan bahwa guru menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran, maka rasa percaya diri anak TK Siaga Permai Kecamatan Bone Kabupaten Bone Bolango dapat ditingkatkan. Pembelajaran menggunakan metode bermain peran dalam meningkatkan rasa percaya diri anak mengalami peningkatan pada tiap siklusnya dengan rincian sebagai berikut: Pada kondisi awal anak hanya 6 atau 30%, pada siklus I meningkat menjadi rata-rata 12 orang anak atau 60% dan pada tindakan siklus II meningkat menjadi rata-rata 17 anak atau 85%. Ini menunjukan bahwa hasil yang diharapkan telah memenuhi target keberhasilan yaitu 75%
Kata Kunci : Rasa Percaya Diri, Metode Bermain Peran
Download berkas