Penulis / NIM
SESKA BAWOTONG / 153409046
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Dra. RENA MADINA, M.Pd / 0022075913
Pembimbing 2 / NIDN
SAMSIAH, S.Pd., M.Pd / 0010117308
Abstrak
Seska Bawotong, NIM. 153 409 046 “Meningkatkan Percaya Diri Melalui Permainan Out-Bond Sederhana Pada Anak Kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 05 Kecamatan Hulontalangi Kota Gorontalo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Gorontalo. Pembimbing I : Dra. Hj. Rena L. Madina, M.Pd, Pembimbing II : Samsiah, S.Pd, M.Pd.
Permasalahan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah : “Apakah percaya diri anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 05 Kecamatan Hulontalangi Kota Gorontalo, dapat ditingkatkan melalui pemainan out-bond? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan percaya diri anak melalui permainan out-bond sederhana pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 05 Kecamatan Hulontalangi Kota Gorontalo. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Untuk teknik analisa data dilakukan dengan analisis persentase. Pada siklus I pertemuan 1 terjadi peningkatan anak yang memiliki percaya diri yakni sejumlah sepuluh anak,(limapuluh persen), selanjutnya pada siklus I pertemuan 2 meningkat menjadi duabelas anak,(enampuluh persen). Siklus II pertemuan 1 anak yang memiliki percaya diri menjadi empatbelas anak( tujuhpuluh persen), dan siklus II pertemuan 2 terjadi peningkatan menjadi enambelas anak (delapanpuluh persen) dari duapuluh anak. Terkait temuan dapat disimpulkan bahwa, jika digunakan permainan out-bond sederhana, maka percaya diri anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 05 Kecamatan Hulontalangi Kota Gorontalo, meningkat.
Kata Kunci : Percaya diri, permainan out-bond sederhana
Download berkas