Penulis / NIM
HERLINA BUTOLO / 153409056
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
DR UMMYSALAM A.T.A. DULUDU, M.Pd / 0015056606
Abstrak
Herlina Butolo, 2013 “ Meningkatkan Rasa Percaya Diri Melalui Kegiatan Menari Di TK Sukma Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango”, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Program S-I PAUD, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Dr. Hj. Ruslin Badu M.P dan pembimbing II Dr. Ummysalam A.T.A Duludu, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah melalui kegiatan menari dapat meningkatkan rasa percaya diri anak kelompok B TK Sukma Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Tujuan penelitian ini adalah : Meningkatkan rasa percaya diri anak di TK Sukma Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango melalui kegiatan menari. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari : tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan maksud memberi gambaran terhadap peningkatan rasa percaya diri anak kelompok B di TK Sukma Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Hasil penelitian siklus I diperoleh data untuk persentase rata-rata perkembangan kemampuan rasa percaya diri anak diperoleh kriteria mampu 50% atau 10 orang. Dilanjutkan kesiklus II diperoleh data untuk persentase rata-rata peningkatan rasa percaya diri diperoleh menjadi 80 % atau 16 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan menari dapat meningkatkan rasa percaya diri anak kelompok B di TK Sukma Kecamatan Kabila Bone Kabupaten Bone Bolango. Oleh karena itu kegiatan menari dapat dijadikan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan rasa percaya diri anak di Taman Kanak-Kanak.
Kata Kunci : Rasa Percaya Diri & Menari
Download berkas