SKRIPSI

Penulis / NIM
LIAN HUSAIN / 153409076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
Lian Husain. NIM 153 409 076. PeranPengelola TK dalammemfasilitasi proses pembelajaran di TK Melati Indah desa Iloheluma Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi.JurusanPendidikanAnakUsiaDini (PAUD), FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeriGorontalo. 2013. TerimakasihkepadaDosenPembimbing 1/II :Dr.Hj.RuslinBadu,M.Pd dan Drs.Hi. HarisMahmud,S.Pd.,M.Si yang telah membimbing saya dalam penyusunan skripsi ini.Penelitianinidilatarbelakangiolehkurangoptimalnyaperanpengeloladalammemfasilitasi proses pembelajaran di TK Melati Indah DesaIlohelumaKecamatanTilongkabilaKabupaten Bone Bolango. TujuanpenelitianiniadalahmendekripsikanperanPengeloladalammemfasilitasi proses pembelajaran di TK Melati Indah KecamatanTilongkabilaKabupaten Bone Bolango.Lokasipenelitianadalah TK Melati Indah DesaIlohelumaKecamatanTilongkabilaKabupaten Bone Bolango.Metodepenelitiankualitatif.Dalampengumpulan data menggunakanteknikobservasi, wawancaradandokumentasi.MateriwawancaramenyangkutperanPengeloladalammemfasilitasi proses pembelajaran di TK. Informanpenelitianadalahpengelola di TK Melati Indah DesaIlohelumakecamatanTilongkabilaKabupaten Bone Bolango.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapengelolatelahberperanpentingdalammemfasilitasi proses pembelajaran di TK Melati Indah DesaIlohelumakecamatanTilongkabilakabupaten Bone Bolango. Perantersebuttelahdiwujudkandenganmotivasisertaterjalinnyakerjasamaantara guru, masyarakatdan orang tuaanakdidik, pengelolajugaberupayakerasdalammemperolehdanabantuandaripemerintah agar tercapainyatujuan yang diharapkan. Dalamhasilobservasimenunjukkanbahwamasihadasebagianfasilitas yang kurangmemadai yang tidakdapatdipakaiolehanakdidiksepenuhnya.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanhendaknyapengelola di TK MelatiIndah DesaIlohelumaKec.TilongkabilaKab.Bonebolangodapatmeningkatkanlagiperhatiannyapadafasilitas yang ada di sekolahdanberusahamengatursertamengawasisemuafasilitas agar berjalandenganbaiksehinggaanakdidikmenerimapembelajaranmerasasenangdannyaman. Kata Kunci : PeranPengelola, Memfasilitas, Proses Pembelajaran
Download berkas

ARSIP

2024
Skripsi tahun 2024
2023
Skripsi tahun 2023
2022
Skripsi tahun 2022
2021
Skripsi tahun 2021
2020
Skripsi tahun 2020
2019
Skripsi tahun 2019
2018
Skripsi tahun 2018
2017
Skripsi tahun 2017
2016
Skripsi tahun 2016
2015
Skripsi tahun 2015
2014
Skripsi tahun 2014
2013
Skripsi tahun 2013
2012
Skripsi tahun 2012
2011
Skripsi tahun 2011