Penulis / NIM
LIAN HUSAIN / 153409076
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Prof. Dr. RUSLIN W. BADU, M.Pd / 0017115602
Pembimbing 2 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Abstrak
Lian Husain. NIM 153 409 076. PeranPengelola TK dalammemfasilitasi proses pembelajaran di TK Melati Indah desa Iloheluma Kecamatan Tilongkabila Kabupaten Bone Bolango. Skripsi.JurusanPendidikanAnakUsiaDini (PAUD), FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeriGorontalo. 2013. TerimakasihkepadaDosenPembimbing 1/II :Dr.Hj.RuslinBadu,M.Pd dan Drs.Hi. HarisMahmud,S.Pd.,M.Si yang telah membimbing saya dalam penyusunan skripsi ini.Penelitianinidilatarbelakangiolehkurangoptimalnyaperanpengeloladalammemfasilitasi proses pembelajaran di TK Melati Indah DesaIlohelumaKecamatanTilongkabilaKabupaten Bone Bolango. TujuanpenelitianiniadalahmendekripsikanperanPengeloladalammemfasilitasi proses pembelajaran di TK Melati Indah KecamatanTilongkabilaKabupaten Bone Bolango.Lokasipenelitianadalah TK Melati Indah DesaIlohelumaKecamatanTilongkabilaKabupaten Bone Bolango.Metodepenelitiankualitatif.Dalampengumpulan data menggunakanteknikobservasi, wawancaradandokumentasi.MateriwawancaramenyangkutperanPengeloladalammemfasilitasi proses pembelajaran di TK. Informanpenelitianadalahpengelola di TK Melati Indah DesaIlohelumakecamatanTilongkabilaKabupaten Bone Bolango.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwapengelolatelahberperanpentingdalammemfasilitasi proses pembelajaran di TK Melati Indah DesaIlohelumakecamatanTilongkabilakabupaten Bone Bolango. Perantersebuttelahdiwujudkandenganmotivasisertaterjalinnyakerjasamaantara guru, masyarakatdan orang tuaanakdidik, pengelolajugaberupayakerasdalammemperolehdanabantuandaripemerintah agar tercapainyatujuan yang diharapkan. Dalamhasilobservasimenunjukkanbahwamasihadasebagianfasilitas yang kurangmemadai yang tidakdapatdipakaiolehanakdidiksepenuhnya.Berdasarkanhasilpenelitiandisarankanhendaknyapengelola di TK MelatiIndah DesaIlohelumaKec.TilongkabilaKab.Bonebolangodapatmeningkatkanlagiperhatiannyapadafasilitas yang ada di sekolahdanberusahamengatursertamengawasisemuafasilitas agar berjalandenganbaiksehinggaanakdidikmenerimapembelajaranmerasasenangdannyaman.
Kata Kunci : PeranPengelola, Memfasilitas, Proses Pembelajaran
Download berkas