Penulis / NIM
MEYLAN TAHA / 153409079
Program Studi
S1 - PENDIDIKAN GURU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
Pembimbing 1 / NIDN
Drs. HARIS MAHMUD, S.Pd.,M.Si / 0022026105
Pembimbing 2 / NIDN
IRVIN NOVITA ARIFIN, S.Pd, M.Pd / 0001118005
Abstrak
Meylan Taha, 2013 “ Meningkatkan Kecerdasan Emosi Anak Melalui Gerak Dan Lagu Pada Anak Kelompok B Di Tk Permata Indah Kelurahan Tomulabutao Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo ”, Skripsi, Fakultas Ilmu Pendidikan Program S-I PAUD, Universitas Negeri Gorontalo Pembimbing I Drs. H. Haris Mahmud S.Pd M.Si dan pembimbing II Irvin Novita Arifin S.Pd, M.Pd. Permasalahan dalam penelitian ini adalah, apakah kecerdasan emosi anak kelompok B TK Permata Indah Kelurahan Tomulobutao Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo dapat ditingkatkan melalui gerak dan lagu?. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak melalui gerak dan lagu di TK Permata Indah Kelurahan Tomulobutao Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas dengan prosedur penelitian terdiri dari : tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan evaluasi, tahap analisis dan refleksi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I maka diperoleh data untuk persentase rata-rata meningkatkan kecerdasan emosi anak diperoleh kriteria mampu 70% atau 14 orang. Dilanjutkan kesiklus II diperoleh data untuk persentase rata-rata meningkatkan kecerdasan emosi diperoleh menjadi 90 % atau 18 orang anak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kegiatan gerak dan lagu dapat meningkatkan kecerdasan emosi anak kelompok B di TK Permata Indah Kelurahan Tomulobutao Kecamatan Dungingi Kota Gorontalo Oleh karena itu kegiatan gerak dan lagu dapat dijadikan sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan kecerdasan emosi anak di Taman Kanak-Kanak.
Kata Kunci : Kecerdasan emosi, gerak dan lagu
Download berkas